Perpustakaan Sebagai Lumbung Padi

 Tugas dan  Fungsi  Perpustakaan Perguruan Tinggi 

Fungsi Edukasi

   Perpustakaan merupakan pusat sumber belajar para sivitas akademika. Oleh karena itu staf perpustakaan harus selalu mendorong sivitas akademikanya agar memanfaatkan sumber-sumber yang disediakan untuk tujuan pendidikan, pengajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan. 

 

Fungsi Informasi

Perpustakaan merupakan sumber informasi yang mudah diakses oleh  pencari dan pengguna informasi.

 

Fungsi Riset

Perpustakaan mempersiapkan bahan-bahan primer dan sekunder yang paling mutakhir sebagai bahan untuk melakukan penelitian dan  pengkajian ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Koleksi pendukung penelitian di perpustakaan perguruan tinggi mutlak dimiliki, karena tugas perguruan tinggi adalah menghasilkan karya-karya penelitian yang dapat diaplikasikan untuk kepentingan pembangunan masyarakat dalam berbagai bidang.

 

Fungsi Rekreasi

  Perpustakaan harus menyediakan koleksi rekreatif yang bermakna untuk membangun dan mengembangkan kreativitas,  minat dan daya inovasi pengguna perpustakaan.

 

Fungsi Publikasi

   Perpustakaan juga membantu melakukan publikasi karya ilmiah yang dihasilkan oleh warga  perguruan tingginya yakni sivitas akademik dan staf non-akademik agar karya/penelitian lanjutan dapat dilakukan, hasil penelitian dapat dimanfaatkan dan dapat membantu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat

 

Fungsi Deposit (Penyimpanan)

   Perpustakaan menjadi pusat deposit untuk seluruh karya dan pengetahuan yang dihasilkan oleh warga perguruan tingginya. Karya dan pengetahuan tersebut diturunkan kepada generasi selanjutnya, sehingga generasi penerus dapat mengembangkan temuan-temuan yang telah ada.

 

Fungsi Interpretasi

  Perpustakaan sudah seharusnya melakukan kajian dan memberikan nilai tambah terhadap sumber-sumber informasi yang dimilikinya untuk membantu pengguna dalam melakukan dharmanya.

 

operator internet

  roni sambas

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: